Cara Modifikasi Halaman “page not found” di Blogger


Apakah Anda secara teratur menulis atau mempublikasikan artikel di blog Anda? kadang-kadang Anda mungkin harus mengedit, memperbarui postingan atau menghapus postingan dari blog Anda. Ketika Anda mengedit artikel Anda, para pengunjung mungkin akan melihat artikel Anda yang terdahulu tidak tersedia lagi pada blog Anda. Dalam situasi seperti ini, pengunjung akan melihat halaman “page not found” atau halaman error 404 pada blog Anda.

Bagaimana cara agar pengunjung tidak meninggalkan blog Anda begitu saja pada saat melihat halaman error tersebut? Ada beberapa tips cara melakukan modifikasi terhadap halaman “page not found” di blog Anda, khususnya blog dengan platform Blogspot atau Blogger.

Cara Mengganti Pesan Error di Blogger
Secara default, halaman Error Blogger akan menampilkan pesan error seperti ini:
Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist.

Anda dapat mengganti atau merubah pesan tersebut dengan pesan sesuai dengan keinginan Anda pada bagian Settings > Search preferences > Custom Page not Found atau (dalam settingan bahasa indonesia) Setelan > Preferensi penelusuran > Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan

Anda dapat mengisi kotak tersebut dengan pesan yang Anda inginkan, maksimal 10.000 karakter termasuk pesan dalam format HTML.
Misalnya,

<h3>Halaman yang Anda minta tidak ditemukan</h3>
<p>Maaf, kami tidak dapat menemukan halaman yang Anda cari. Halaman yang Anda cari kemungkinan telah dihapus, judul artikel telah diganti, atau sementara tidak tersedia.</p>


Cara menambahkan kotak pencarian di Halaman “page not found” di Blogger
Anda juga bisa menambahkan search box atau kotak pencarian untuk lebih memudahkan pengunjung melakukan navigasi di blog Anda.

<form method="get" action="/search">
<table width="100%">
<tr>
<td><input type="text" style="width:95%;padding:2px;" value="Cari blog ini.." onfocus="if (this.value == &quot;Cari di blog ini..&quot;) {this.value = &quot;&quot;}" onblur="if (this.value == &quot;&quot;) {this.value = &quot;Cari blog ini...&quot;;}" name="q"></td>
<td><input type="submit" Value="Search"></td>
</tr>
</table>
</form>



Cara mengganti judul halaman error

Secara default judul error di blogspot adalah nama blog Anda. Jika Anda ingin menggantinya, masuk di halaman editor template dan ganti kode :

<title><data:blog.pageTitle/></title>

menjadi :

<b:if cond='data:blog.pageType == "error_page"'>
<title>Halaman Tidak Ditemukan</title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>


Semoga tutorial blogger ini dapat membantu memberikan tampilan yang lebih baik terhadap halaman “page not found” di blog Anda.

Let's Go Blog!

Komentar

Postingan Populer